2017-02-20

Android Boros Kuota? Coba Lakukan Cara Super Ampuh Ini

Melakukan beragam aktivitas di media sosial membuat kamu terkadang tidak sadar akan besarnya kuota internet yang kamu gunakan. Alhasil, kuota internet hilang tak berbekas dengan seketika tanpa tahu kemana saja penggunaannya.

Besarnya muatan data yang kamu gunakan saat berselancar di dunia maya memang tidak bisa terbendung secara otomatis. Kamu perlu melakukan beberapa cara ampuh memakai trik jitu untuk membuat data tersebut tetap terkontrol. Dengan demikian kuota internet yang digunakan lebih sedikit.

Jika kamu melakukan hal tersebut, maka paket internet kamu bisa tersimpan dengan maksimal tanpa mengurangi kecepatan koneksi internet. Alhasil, kamu tidak perlu melakukan pengisian ulang sebelum tenggat waktu habisnya paket.

Namun, dengan menggunakan paket internet dari XL, kamu bisa melakukan pengisian ulang tanpa perlu menunggu paket data internet habis maksimal. Jadi, jika paket data internet di ponsel kamu mulai sekarat, kamu bisa segera melakukan pengisian ulang.

Pengisian ulang tersebut juga bisa dilakukan secara daring dari aplikasi terkini Traveloka. Prosesnya yang cepat tidak membuat kamu was-was saat kehabisan paket. Semuanya bisa dibeli dalam waktu yang singkat dari mana saja dan kapan saja.

Tapi, memang akan sangat berarti jika kamu melakukan pengiritan, bukan? Dengan begitu, kamu perlu mengetahui cara-cara terbaik menerapkan pengiritan pada ponsel.

Cara menghemat kuota internet pada android

Sumber gambar: etelecombd.com


Menurut beberapa pengalaman teman, kuota internet yang digunakan pada ponsel berbasis Android akan berbeda dengan iPhone. Meski keduanya berpotensi untuk menyedot banyak kuota internet, namun satu dari dua ponsel ini memiliki fasilitas untuk menghemat kuota.

Ya, dengan menggunakan ponsel Android, kamu bisa melakukan beberapa cara untuk menghemat kuota data, langsung dari ponsel yang kamu gunakan. Tanpa membutuhkan bantuan perangkat atau software lainnya, kamu sudah bisa melakukan penghematan melalui pengaturan ponsel itu sendiri.

Cara apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menghemat kuota internet pada Android? Yuk, simak ulasan berikut ini :

  1. Gunakan fitur jelajah internet yang bisa menghemat
    Hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghemat kuota data adalah dengan menggunakan aplikasi Chrome. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengatur keluarnya data sesuai dengan yang kamu inginkan.

    Aktifkan fitur 'Data Server' pada pengaturan Chrome di Android kamu sekarang juga. Pilih 'Setting', 'Data Server' dan 'ON' untuk pengaktifan.

    Dengan mengaktifkan fitur rahasia ini maka kamu bisa menghemat 50 persen kuota internet di ponselmu, loh.


  2. Matikan pilihan sinkronisasi
    Jika ingin menghemat data maka kamu perlu segera mematikan pilihan sinkronisasi pada aplikasi. Matikan pilihan ini terutama pada aplikasi yang jarang kamu gunakan.

    Caranya bisa dengan memasuki fitur 'Setting', pilih 'Accounts' dan pilihlah aplikasi tujuan kamu tersebut. Setelah kamu mematikan pilihan sinkronisasi, maka kamu bisa menghemat kuota internet yang mungkin digunakan oleh aplikasi saat terhubung internet.


  3. Aktifkan peringatan penggunaan data ponsel
    Salah satu kelebihan Android adalah mampu mengingatkan penggunanya atas jumlah data internet yang telah mereka gunakan. Kamu bisa menggunakan fitur ini dengan maksimal pada smartphone kamu secara gratis.

    Caranya, masuk ke 'Setting', pilih 'Data Usage', pilih 'Celular Data' dan buat 'Set Celular Data Limit'. Tekan sekali untuk mengaktifkannya.

    Dengan mengaktifkan fitur ini, maka kamu bisa mendapatkan peringatan saat data internet yang kamu gunakan melewati batas maksimal yang telah ditentukan sebelumnya.


  4. Batasi penggunaan data aplikasi
    Kamu bisa meminimalisir penggunaan data aplikasi melalui pengaturan di beberapa aplikasi. Buka penjelasan terkait aplikasi pada menu 'Setting' dan lakukan minimalisir.

    Masuklah ke menu 'Setting' pada aplikasi dan klik 'Back up & Sync'. Kamu bisa melihat pilihan terkait penghematan data internet dan bisa memilihnya sesuai kebutuhanmu.


  5. Maksimalkan penggunaan Wi-Fi
    Beberapa aplikasi di ponsel akan melakukan pembaruan secara otomatis. Pembaruan tersebut bisa berlangsung saat pagi, siang atau kapanpun mereka membutuhkan pembaruan. Hal ini tentu akan menyerap banyak kuota internet dari ponselmu.

    Itulah mengapa, kamu perlu mengatur pembaruan tersebut hanya dari Wi-Fi. Saat ponsel terhubung dengan Wi-Fi, maka aplikasi akan diperbarui dengan sendirinya, tanpa perlu menyedot kuota internet dari paket internet yang kamu gunakan.

    Masuklah ke Play Store dan pilih 'Setting'. Kemudian pilih 'Auto-update apps' dan pilih 'Auto-update apps over Wi-Fi Only'.