2013-06-13

10 Cara Melindungi Komputer Dari Virus, Malware dan Spyware

Untuk melindungi komputer dari infeksi virus, anda harus melakukan tindakan perlindungan secara menyeluruh. Tidak cukup mengandalkan keampuhan antivirus, cara mengamankan komputer dari virus, malware, spyware dan berbagai varian lainnya juga membutuhkan ketelitian anda. Virus bisa menyebar melalui jaringan internet atau pun perangkat seperti USB flash disk.

Bagaimana jika saya sudah memasang program antivirus? Mungkinkah komputer saya kena virus?

Ya! masih sangat besar kemungkinan komputer anda terkena infeksi virus. Pernahkah anda meng- copy file dari perangkat penyimpanan seperti flash disk atau memory card?
Apakah komputer anda terkoneksi jaringan internet? Apa yang anda lakukan saat mengakses internet? Membaca email? Download file? Atau sekedar browsing?

cara melindungi komputer dari infeksi virus

Mencegah virus masuk lebih baik dari mengatasi infeksi virus


Inilah 10 Cara Mencegah Virus Masuk Ke Komputer Anda

  • Email merupakan sala satu perantara virus yang paling banyak digunakan. Berikan perhatian lebih pada SPAM email. Jangan membuka spam email dari sumber / pengirim yang tidak jelas.

    Itulah alasan kenapa penyedia layanan email seperti Gmail, Yahoo mail atau Hotmail menyediakan folder SPAM. Email yang dicurigai dapat merusak komputer karena mengandung virus, malware atau sejenisnya akan masuk ke folder tersebut.

  • Apabila dalam email yang anda buka terdapat lampiran file (attachments) tidak usah di download jika anda tidak mengenal pengirimnya atau lakukan scan sebelum membuka file tersebut.

  • Internet menjadi tempat terbesar untuk menyebarkan virus, worm, trojan dan varian lain. Jangan mudah tergiur dengan pop-up iklan yang muncul tiba-tiba dan menyebutkan anda memenangkan suatu hadiah / undian. Tutup pop-up tersebut atau sekalian saja tinggalkan situs web tersebut.

  • Beberapa program antivirus menyediakan toolbar pencarian khusus seperti AVG Link Scanner, yang dilengkapi kemampuan scan situs web hasil pencarian google. Ini berguna untuk mencegah anda mengunjungi website yang terinfeksi virus.

  • Lakukan scan terlebih dahulu sebelum anda menyalin (copy) file dari perangkat penyimpanan seperti USB flash disk dan memory card. Gunakan klik kanan kemudian 'Open' untuk melihat isi flash disk, cara ini lebih aman dibandingkan melakukan double click.

  • Hindari membuka file atau folder mencurigakan yang ada di dalam flash disk. Contohnya file / folder dalam bentuk shortcut.

  • Install antivirus yang bagus dan lakukan update program secara berkala. Tujuannya adalah supaya antivirus bisa mengenali varian virus baru sehingga ampuh mencegah penyebaran infeksi pada komputer anda.
    Baca juga : Apa Software Antivirus Paling Ampuh Saat Ini?

  • Pasang juga antivirus lokal indonesia sebagai software pendamping karena antivirus lokal lebih mengenali varian virus buatan orang indonesia.
    Baca juga : Top 5 Antivirus Terbaik Indonesia, Gratis!

  • Jika program antivirus yang anda gunakan tidak memiliki fitur anti-spyware, install software anti-spyware untuk perlindungan lebih maksimal.

  • Hati-hati jika anda men download file dari situs yang menyediakan file ilegal seperti cracks, serials, warez. Situs web seperti ini umumnya dijadikan tempat penyebaran virus, worm dan trojan.

Untuk melindungi komputer dari virus dan mencegah infeksi menyebar, pastikan anda selalu berhati-hati dan memperhatikan 10 cara di atas. Penggunaan antivirus yang selalu update akan memberikan keamanan lebih karena mampu mengatasi varian virus baru.