09 April 2013

Opera Tips : Bagaimana Cara Mempercepat Browser Opera?

Opera browser memiliki cara tersendiri untuk mempercepat akses internet menggunakan turbo mode. Fitur ini dapat membantu memaksimalkan kecepatan browsing saat koneksi internet yang anda gunakan sedang lambat. Memaksimalkan kinerja browser opera pada sisi kecepatan, keringanan start-up serta kenyamanan menjelajah internet dapat dilakukan melalui berbagai cara berikut ini.

Versi terbaru opera browser untuk pc yang baru saja keluar 4 april 2013 ini adalah versi 12.15 dengan perbaikan disisi keamanan dan bug lainnya. Download file installer memalui situs resminya www.opera.com

cara memaksimalkan kinerja opera browser

Memaksimalkan kecepatan dan kinerja browser opera untuk PC

Mitos Vs Fakta Tentang Opera Browser

Ada sebuah mitos yang mengatakan : Opera browser dapat mempercepat browsing internet meskipun menggunakan koneksi internet lambat. Benarkah demikian?

Faktanya : Opera menggunakan turbo mode untuk memperkecil ukuran gambar (compressing) pada halaman web yang anda kunjungi. Sehingga total ukuran halaman web yang di tampilkan browser lebih kecil dari seharusnya.

Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai cara kerja turbo mode pada opera, silahkan baca artikel Benarkah Opera Browser Dapat Mempercepat Browsing Internet?

Bagaimana Cara Mempercepat Kinerja Browser Opera?

Browser buatan opera software ini menjadi salah satu browser dengan pemakai terbanyak setelah mozilla firefox dan google chrome. Jika anda pengguna opera browser dan ingin memaksimalkan kinerja web browser kesayangan anda, berikut tips yang pastinya belum anda ketahui :

1) Pastikan anda mematikan fitur Server Name Completion. Dengan menonaktifkan fitur ini, anda dapat menghemat pemakaian CPU komputer. Klik pada menu Tools -> Preferences -> Advanced Tab -> Network -> Server Name Completion.

opera tips

2) Selain itu, menonaktifkan fitur smooth scrolling dan tooltips saat mengarahkan cursor ke tab yang tidak aktif akan berdampak penurunan cpu usage.

3) Maksimalkan waktu refresh cache halaman. Opera akan melakukan update cache halaman web yang pernah anda kunjungi setiap 5 menit untuk dokumen dan 5 jam untuk file gambar. Pilih waktu update paling lama yaitu 24 jam untuk dokumen maupun gambar. Klik pada menu Tools -> Preferences -> Advanced Tab -> History.

pengaturan history opera


4) Hapus plugin dan add-ons yang tidak anda butuhkan. Klik pada menu Tools -> extensions -> manage extensions

5) Gunakan opera turbo sesuai kebutuhan. Jika koneksi internet yang anda gunakan sedang lambat, aktifkan fitur turbo mode dan jika kecepatan internet yang anda gunakan dapat diandalkan, matikan turbo mode untuk tampilan gambar yang lebih baik.

cache gambar


Anda juga bisa memilih gambar yang ditampilkan oleh opera browser, misalnya pilihan Cached images hanya akan menampilkan gambar yang tersimpan dalam cache browser opera. Cara ini dapat menghemat pemakaian kuota paket data dan mempercepat akses internet karena opera tidak akan mendownload gambar dari web server yang anda kunjungi.

Please Share →