07 Maret 2013

Bagaimana Cara Menstabilkan Koneksi Internet Komputer?

Koneksi internet yang tidak stabil masih menjadi kendala pengguna internet di indonesia, kecepatan internet Mbps yang banyak diunggulkan oleh operator nyatanya tidak sesuai kenyataan. Berbagai cara menstabilkan koneksi internet tidak selalu ampuh untuk menjadikan akses internet lebih stabil dan maksimal. Dan bahkan ada pengaruh negatif yang muncul setelah mengaplikasikan tutorial tersebut.

Banyak faktor yang menyebabkan koneksi internet tidak stabil serta kurang maksimal. Anda tidak bisa menyalahkan modem yang dipakai jika suatu hari koneksi internet yang anda gunakan tidak stabil.

bagaimana cara menstabilkan koneksi internet?

Melakukan PING untuk memeriksa kestabilan koneksi, bukan mempercepat internet


Beberapa Faktor Yang Menjadi Penyebab Koneksi Internet Tidak Stabil :
  1. Modem menjadi panas setelah lama digunakan
  2. Solusi : disconnect, intirahatkan modem selama 5 menit
  3. Jaringan internet yang diterima kurang bagus
  4. Solusi : cari posisi terbaik agar modem dapat menerima sinyal maksimal
  5. Cuaca yang tidak mendukung
  6. Solusi : tidak ada solusi jika berhubungan dengan kondisi alam
  7. Gangguan pada operator paket data
  8. Solusi : hubungi customer service operator paket data yang anda gunakan
  9. Sistem komputer tidak maksimal
Apabila anda merasa tidak memiliki masalah dengan 4 hal diatas, kemungkinan besar penyebab koneksi internet tidak stabil adalah pada komputer yang anda gunakan.

Matikan Fitur Update Otomatis

Jika anda ingin mendownload dan menginstal update dari windows secara manual, anda dapat mematikan fitur automatic update.
automatic update membuat koneksi tidak stabil

Mengapa harus dimatikan? Tanpa anda sadari, setiap kali komputer terhubung ke internet maka fitur ini akan mendownload update dari windows secara otomatis.
Dampaknya, bandwidth internet akan berkurang drastis dan koneksi internet menjadi tidak stabil.

+ Cara mematikan automatic update windows 7 :
Klik start menu, klik kanan pada Computer kemudian pilih Properties. Akan muncul jendela informasi sistem komputer yang anda gunakan, Lihat daftar menu kiri bawah, See also > Windows update
Pada menu sebelah kiri pilih Change settings
Untuk mencegah update otomatis, pilih Never check for updates
Atau pilih opsi Check for update but let me choose... agar anda tetap menerima pemberitahuan jika ada update terbaru dari windows

+ Untuk windows XP caranya :
Buka control panel, pilih System kemudian klik Automatic Updates
Untuk lebih aman, pilih opsi ke-3 yaitu "Notify Me but Don’t Automatically Download or Install Them" atau langsung pilih Turn Off Automatic Updates

Maksimalkan QoS Packet Scheduler

QoS Packet Scheduler akan mengatur prioritas tinggi rendahnya paket data yang dikirim dan diterima oleh komputer melalui jaringan internet. Dengan default yang diambil mencapai 30% dari total kecepatan internet, akan sangat mempengaruhi kesetabilan koneksi internet.

Agar akses internet lebih stabil dan cepat , anda dapat memberikan nilai 0% pada QoS Packet Scheduler, Baca juga : Mempercepat Koneksi Internet Windows Hingga 100%

Ping Dengan Komputer Lain

Mungkin anda pernah mendengar mempercepat koneksi internet melalui 'Ping'? apa benar koneksi internet lebih cepat setelah melakukan ping?

Dalam istilah jaringan komputer, ping adalah suatu cara untuk mengirimkan pesan dari satu komputer ke komputer lain. Ping akan memastikan komputer yang anda gunakan dapat terhubung dan berkomunikasi dengan komputer lain melalui jaringan internet.
cara ping yang benar

Jika koneksi internet yang anda gunakan stabil, ping ke komputer lain akan mendapatkan balasan dari komputer server seperti Reply from 8.8.8.8 : bytes=1 time=106ms TTL=47

Jadi, tidak mungkin mempercepat internet dengan cara Ping. Anda hanya dapat menstabilkan koneksi internet melalui ping. Dengan catatan, ping yang anda lakukan benar.

Cara melakukan ping untuk menstabilkan koneksi internet
  1. Klik start menu
  2. Pilih Run...
  3. Tuliskan ping 8.8.8.8 -t -l 1
  4. Klik OK
Jika koneksi internet sedang stabil maka akan mendapatkan balasan dari Google DNS servers yaitu 8.8.8.8 atau anda dapat mengganti dengan DNS dari ISP paket data internet yang anda gunakan seperti Telkom speedy, Indosat IM2, dan yang lainnya.

Please Share →