2012-02-19

Cara Memasang Video Audio Flash Player Di Blog

Flash player dapat menjadi salah satu cara untuk mempercantik blog yang anda miliki. Dengan cara pasang video audio flash player, tentu akan menjadikan blog tersebut lebih atraktif dan lebih hidup. Pengunjung blog akan disuguhi video yang biasanya berupa file .swf atau audio berupa file .mp3 yang dapat membuat pengunjung semakin betah berlama-lama di blog tersebut. Pemasangan flash player juga harus memperhatikan sisi client yaitu browser yang dipakai oleh pengunjung.

Bila browser yang dipakai oleh pengunjung tidak terinstal plugin flash player, file video dan audio tersebut tidak akan bisa dijalankan.

cara memasang flash player di blog

Langkah pertama

Dalam pemasangan flash player pada blog adalah menentukan source atau tempat penyimpanan file yang akan ditampilkan lewat flash player.

Untuk versi hematnya, kita dapat menggunakan video atau audio yang sudah tersedia di situs-situs seperti youtube.com, beemp3.com atau situs lain yang menyediakan fitur Embed Code.

Langkah kedua

Anda tinggal memasukkan HTML Embed Code yang sudah di copy melalui Dasboard blogger kemudian Design lalu Add a Gadget pilih HTML/JavaScript dan paste kan kode HTML tadi. sangat mudah dan simple!

Misalkan kang topjer ingin memasang mp3 flash player dari situs beemp3.com :
Setelah mencari dan menemukan judul lagu yang ingin dipasangkan di blog, kemudian memasukan captcha untuk mendownload mp3 tersebut maka akan muncul Embed Code untuk dipasangkan pada blog, perhatikan tulisan Embed Code (Copy and Paste to your site, blog or forum) dan hasilnya seperti ini :

Bullet For My Valentine - a place where you belong .mp3
Found at bee mp3 search engine


Atau memasang video flash player dari youtube.com misalnya, caranya tidak jauh berbeda dari cara di atas. intinya copy dan paste HTML Embed Code yang sudah disediakan oleh youtube.com. untuk HTML Embed Code bisa didapatkan pada menu Share yang letaknya persis dibawah video tersebut.

cara memasang video youtube di blog


Bila ingin memasukan video buatan sendiri, anda tinggal login ke youtube dan upload video tersebut untuk mendapatkan HTML Embed Code. keuntungannya adalah anda tidak usah memikirkan hosting tempat menyimpan video yang akan dipasangkan diblog.

Contoh pemasangan video flash player dari youtube :



Cara yang lain apabila situs penyimpanan file video atau audio tersebut tidak menyediakan fitur Embed Code atau file tersebut tersimpan di hosting anda sendiri, maka untuk pemasangan di blog harus menulisan sendiri script HTML Embed Code :

<embed src="http://situsmu.com/file.swf" quality="high" bgcolor="white" width="600" height="100" type="application/x-shockwave-flash" pluginspage="http://www.macromedia.com/shockwave/download/index.cgi? P1_Prod_Version=ShockwaveFlash"></embed>

- Ganti "http://situsmu.com/file.swf" dengan alamat file flash yang akan dipasangkan di blog.
- Atur ukuran width height sesuai keinginan.

Dari dua cara diatas yaitu pertama dengan memanfaatkan website yang menyediakan fitur Embed Code, kedua dengan menghostingkan sendiri file flash player yang akan di pasangkan di blog, cara pasang flash player pertama lebih praktis mengingat kita tidak perlu mencari hosting untunk menyimpan file flash player.

Namun apabila blog yang kita miliki sudah menggunakan hosting tersendiri, cara kedua akan lebih baik bila dilihat dari keamanan dan pengaturan file tersebut.