2011-11-29

Mempercepat Loading Blog Dengan CSS Compressor

Loading time suatu blog memiliki pengaruh yang besar terhadap pageview yang didapat. semakin lama waktu loading blog yang dihabiskan untuk membuka halaman, maka semakin kecil kesempatan untuk mendapatkan banyak pageview dari pengunjung blog. Salah satu cara untuk mempercepat loading blog adalah dengan melakukan kompres CSS untuk mempersingkat waktu saat diakses oleh internet browser dengan kecepatan internet yang lambat, lemot dan pas-pasan.

Blogger yang berasal dari indonesia seharusnya menyadari fakta bahwa sebagian besar pengguna internet di indonesia masih menggunakan internet dengan kecepatan yang boleh dibilang lambat. seperti halnya saya pribadi yang masih menggunakan CDMA Modem dengan kecepatan maksimal 135 Kb/s atau sekitar 16 KB/s.

Cara mempercepat loading blog

Seberapa cepat waktu yang dibutuhkan untuk membuka blog anda?


Salah satu cara untuk mempercepat loading blog adalah melakukan kompres pada script CSS dengan bantuan CSS Compressor. Website penyedia layanan css compressor adalah CSS Drive.

Tools yang disediakan oleh CSS Drive yaitu CSS Compressor berguna untuk kompres script css agar lebih ringan dan cepat saat diakses oleh internet browser.

Cara mempercepat loading blog dengan menggunakan CSS Compressor :
  1. Copy script css yang akan dikompres
  2. Langsung meluncur ke CSS Drive
  3. Paste di kolom textarea yang sudah disediakan
  4. Klik Compress-it !
  5. Script CSS sudah dikompres dan siap digunakan

Pilihan pengaturan kompres yang disediakan adalah Compression mode dan Comments handling. ada juga Advanced mode untuk pengaturan kompres css yang lebih lanjut.

Use this utility to compress your CSS to increase loading speed and save on bandwidth as well. You can choose from three levels of compression, depending on how legible you want the compressed CSS to be versus degree of compression. The "Normal" mode should work well in most cases, creating a good balance between the two.

Sering kali kita tidak menyadari banyaknya CSS yang digunakan untuk mempercantik blog secara tidak langsung juga menambah berat blog saat diakses.

Semakin berat blog yang diakses oleh pengunjung maka semakin besar kemungkinan pengunjung tidak betah berlama-lama diblog tersebut. meskipun masih banyak faktor lain yang menyebabkan lamanya loading blog saat diakses. Mempercepat laoding blog dengan CSS Compressor hanya salah satu cara untuk mempercepat waktu loading halaman blog yang kita miliki.